Monday, January 8, 2018

how to make animation motion guide, cara menggunakan motion guide pada adobe flash cs4

Didalam adobe flash  ada yang dinamakan efek  motion guide yaitu efek garis yang akan diikuti oleh objek yang akan digerakkan. maksudnya adalah objek yang akan kita gerakkan kana mengikuti garis yang telah kita buat pada  motion guide.
baik kita mulai saja untuk contoh pembuatannya.


1. Yang pertama-tama, yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi adobe flash nya, kemudian pilih yang action script 3.0
 

2. Kemudian pada layer 1, buat sebuah objek bulat yang akan kita gerakkan, terserah deh, mau yang bulan kotak atau yang lain, namun disini kita gunakan objek bulat saja, dan simpan dibagian sebelah kiri.

3. Ketika lingkaran telah kita buat selanjutnya tambahkan fram di frame 60, dengan cara klik kanan dan pilih insert Keyframe.

4. Jiak sudah diinsert maka akan tampak seperti berikut, pada frame 60, pindahkan lingkaran tersebut ke sisi pojok sebelah kanan. seperti gambar

5. disini saya merubah warna bolanya  menjadi berwarna, tahap ini bisa di lewatkan. okeh kita lanjut

6.Tahap selanjutnya adalah membuat layer baru dengan cara klik kanan pada layer 1 kemudian pilih Add Classic Motion Guide kemudian akan muncul layer baru dengan sendirinya.

7.  kemudian dilayer yang baru saja kita buat, buatlah garis sesuai keinginan anda dengan menggunakan pen toll, gambar kuas lancip, disini saya membuat garis jig jag.


8. Setelah itu pindah ke frame 60, dan letakkan bola pada ujung garis, dan ujung garis masih bisa di ubah posisinya sesuai keinginan.

9. Disini saya mengubah  posisinya dengan menggeser kebawah, dan meletakkan ujung bola pada ujung garis.


 10. Kemudian pada layer 1, beri dia efek Classic Tween, karena hanya dengan efek ini yang dapat bekerja. 

11. Ini adalah hasilnya jika digeser dari  frame 1 sampe 60 akan menampakkan pergerakan mengikuti garis, namun ketika di play menggunakan ctrl+enter, garis yang kita buat tidak akan terlihat

okeh sekian dan terimakasih
Semoga bermanfaat


Lihat Tutorial Lengkapnya disini






hasil nya dapat dilihat disini



No comments:

Post a Comment

Postingan Populer