Thursday, February 8, 2018

Pengertian Myoh (Myoh bukan myob)





Apa itu myoh? disini kita akan membahas tentang myoh bukan myob, antara myoh dan myob  memiliki nama yang hampir sama, bahkan aplikasinya pun menurut saya hampir sama, yaitu memcatat semua transaksi akunting, namun myoh masih lebih unggul dan memiliki banyak menu dan fungsi yang terkandung didalamnya.   dan tentu saja aplikasi ini adalah aplikasi berbayar.



myoh adalah  aplikasi perhotelan yang dikembangkan oleh PT. Pyxis Ultimate Solution yang dulunya adalah PT MYOH Technology Tbk
PT.PYXIS Ultimate Solution adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi Hotel System enterprise information solution untuk hotel management system.


Pada awalnya, PYXIS Ultimate Solution dikenal sebagai PT MYOH Technology Tbk (MYOH), sebuah perusahaan public dengan core business yang bergerak di bidang penyedia jasa system aplikasi manajemen hotel. Pada pertengahan tahun 2011 dengan sepersetujuan pemegang saham mayoritas, MYOH melakukan perubahan fundamental atas bisnis utama perusahaan menjadi perusahan yang bergerak di bidang pertambangan. Dengan berkomitmen penuh pada existing customer dalam memberikan support yang berkelanjutan serta bertekad untuk terus berkarya dibidang IT menjadi landasan dalam mendirikan PT.PYXIS Ultimate Solution


PYXIS Hotel system adalah aplikasi berbasis WINDOWS yang menawarkan flesibilitas, user friendly and kekuatan untuk memberi kepuasan atas kebutuhan hotel mulai dari simple hingga konfigurasi yang komplek. System ini mampu mengintegrasikan multi site operation with seamless application and network infrastructure.
PYXIS HOTEL SYSTEM adalah THE NEW GENERATION dari MYOH Software Hotel , suatu program komputer yang didesain secara khusus untuk menangani operasional hotel. Software ini sangat efesien, fleksibel dan handal untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi managemen hotel secara umum.  PYXIS HOTEL SYSTEM  sudah dipasang lebih dari 200 hotel berbintang di Indonesia.

Software PYXIS HOTEL SYSTEM ini merupakan suatu program multi user & full integerasi antara Front-Office, Back-Office, Point of Sales Restourant dan PABX telpon sehingga memudahkan managemen dalam melakukan controling, pelaporan dan pengedalian sistem informasi untuk pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

PYXIS HOTEL SYSTEM sangat mudah di operasikan ( user friendly ), mudah di maintance dan tingkat keamanan ( security ) yang handal. Dan didukung oleh team support yang sudah berpengalaman selama 15 tahun di bidangnya

Product PYXIS HOTEL SYSTEM

Myoh FRONT-OFFICE
teridiri dari sub modul sebagai berikut :
Contract Rate Management, berfungsi membuat data product hotel, packages, contract rate dengan pihak agent atau company, seasonal dan periode market serta menampilkan rate secara otomatis. Sekaligus dapat menganalisa data yang diperlukan oleh marketing misalnya Room Production Analysis.
Reservation, berfungsi mencatat data pemesanan kamar secara cepat dengan mengetahui terlebih dahulu apakah kamar yang tersedia untuk dijual masih ada, hal ini dimungkinkan karena data sudah terintegrasi.
Registration, berfungsi mencheck-in kan tamu. Baik tamu yang sudah reservasi maupun tamu yang langsung datang / tanpa reservasi ( walk-in ).
House Keeping, berfungsi memanage status kamar yang dilengkapi dengan supplies config yaitu submenu yang berfungsi untuk menyimpan data-data barang yang diperlukan pada departement house keeping seperti sabun, handuk, shampo, pasta gigi, dll. Terdapat fungsi maid request yang berguna untuk mencatat pemesanan guest supplies.
Cashier, berfungsi untuk menangani folio tamu dengan cepat terutama tamu group, baik tamu yang akan chek-out maupun tamu yang akan menyimpan deposit, memosting transaksi, memisahkan billing dari satu folio ke folio yang lainnya.
Night Audit, berfungsi melakukan perhitungan pendapatan hotel dalam satu hari, memposting tagian kamar pada masing-masing folio tamu secara otomatis, menghasilkan analisa tingkat hunian dan analisa pendapatan secara global maupun analisa pendapatan pada masing-masing departement yang ada dihotel dalam satu periode baik satu hari, periode bulanan atau periode satu tahun.

Myoh BACK-OFFICE
teridiri dari sub modul sebagai berikut :
Account Payable (AP) adalah bagian di Accounting yang bertugas mencatatkan hutang dan, merencanakan pembayaran sesuai dengan perjanjian kredit / hutang ( term of payment )yang telah di buat.Account
Receivable (AR) adalah departemen yang bertanggung jawab terhadap piutang perusahaan.( kartu kredit, piutang ke perusahaan, piutang ke travel agent, piutang ke pegawai, dll).
General Ledger adalah bagian di accounting yang bertugas membukukan semua kejadian / transaksi sesuai dengan nomer perkiraan nya,sehingga menjadi suatu laporan akuntansi keuangan.
Sales / Income Audit adalah bagian di accounting yang bertugas mencatat kan seluruh pendapatan hotel, baik yang tunai atau pun masih berupa tagihan (credit card, city ledger,guest ledger, employee ledger).
Cost Control adalah bagian di Back Office yang bertugas melakukan pengawasan terhadap pembelian barang / jasa, penerimaan, penyimpanan dan pemakaiannya serta melakukan analisa terhadap biaya yang terjadi di bandingkan dengan pendapatan.
Purchasing adalah bagian di back office yang bertugas membuat pemesanan barang /jasa dan menentukan “supplier”, dengan pertimbangan jumlah barang,harga ,mutu dan waktu pengiriman.
Receiving adalah bagian di back office yang bertugas menerima barang yang dikirimkan supplier berdasarkan Purchase Order yang telah dibuat.

Myoh POINT of SALE
Menangani segala macam aktifitas restoran, mulai dari order makanan, sampai dengan pembayaran baik cash, credit card, atau posting ke rekening tamu yang bersangkutan.
PABX Telpon, Modul ini berfungsi untuk mencatat pemakaian telpon oleh tamu, yang nilai nominal akan terposting ke tagihan rekening tamu di FO Cashier.

Tujuan saya memposting ini adalah untuk sebagai tambahan pengetahuan saja, agar dapat membantu pengguna Myoh dalam mengatasi masalah yang terjadi pada myoh.
Disini saya hanya memposting untuk keterangan dan pengertiannya saja, selanjutnya akan saya buat semua tutorial yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada myoh.  dikarenakan artikel tentang myoh masih sangat sedikit, sehingga masih kurang  informasi yang membantu memecahkan masalahnya. 

No comments:

Post a Comment

Postingan Populer