Thursday, February 22, 2018

Tutorial Install SQL Server 2000

 Saya akan memberikan tutorial atau petunjuk pengistalan SQL Server 2000, mengapa saya memberikan petunjuk ini, tentu saja dikarenakan tutorial ini masih berhubungan dengan penginstalan MYOH. myoh menggunakan database SQL Server 2000, namun menurut pengalaman saya jika digunakan sql Server 2008 atau yang diatasnya, maka proses transaksi yang berjalan tidak akan sempurna, telah saya lakukan beberapa kali percobaan menggunakan beberapa versi SQL server untuk MYOH namun yang lebih baik menggunakan SQL Server 2000, dan untuk osnya pun menggunakan Windows Server 2003,  dan untuk client menggunakan windows XP. saya sudah pernah mencoba menggunakan clientnnya di windows 7 namun hasil transaksinya tidak sempurna, mengalami beberapa kendalah. sehingga saya putuskan kembali menggunakan win xp. okeh kita mulai saja untuk tutorialnya.

1. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk memulai penginstalan ada dengan cara membuka folder master yang telah anda miliki, atau telah didownload, kemudian, double click autorun ( aplication). kemudian ada pertanyaan keamanan, pilih yes saja.

2. setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini, pilih SQL Server 2000 Components

2. Pilih database server, untuk memulai mengistal database yang akan digunakan

3. maka akan tampil sepertiberikut, pilih next

4.Pilih Local Computer, kemudian next

5. Pilih Create a new Instance, klik next

6. bagian Name isi nama sesuai keinginan saja, namun disini saya menggunakan nama server, company bisa diisi dan bisa juga dikosongkan. kemudian klik next

7.  Kemudian pagian perjanjian license pilih yes saja,

8. Kemudian pilih Server and client tool, kemudian next

9. bagian Instance name silahkan  diisi  sesuai keinginan, disini saya menggunakan nama SERVER kemudian next, jika  kolom kosng maka  proses instalasi tidak dapat diproses. jadi wajib diisi.
kemudian klik next

10. kemudian Pilih Typical, dan klik next

11. Dibagian service Acounts, tetap pilih Use the same Account, dan dan Gunakan Use the local System Account, kemudian klik next

12. Bagian Authetication Mode, Pilih no 2 mixe Mode, dan contreng Blank Password, 

13. Langsung klik Next saja.

14. ini adalah proses pengistalannya,

15. Klik  Finish, maka proses pengistalan berhasil dilakukan.

sekian tutorial yang bisa saya berikan semoga bermanfaat, selanjutnya akan saya berikan tutoral restor database, karena ini juga sangat penting






No comments:

Post a Comment

Postingan Populer